Tugas Tulisan (Softskill)

Doa Agar Setan Tidak Masuk Rumah


Dalam hadis dari Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “ Jika seseorang memasuki rumahnya lalu dia menyebut nama Allah saat masuk rumah, begitu pula saat dia makan, maka setan pun berkata (pada teman – temannya) “kalian tidak ada tempat untuk bermalam dan tidak ada jatah makan.”

Ketika dia masuk rumahnya tanpa menyebut nama Allah, setan pun mengatakan (pada teman – temannya) “saat ini kalian mendapatkan tempat untuk bermalam.” Dan ketika dia lupa menyebut nama Allah saat makan, maka setan pun berkata , “kalian mendapat tempat bermalam dan jatah makan malam.” (HR. Muslim 2018).

Hadis ini secara umum menunjukan anjuran untuk berdzikir, menyebut nama Allah ketika masuk rumah dan ketika hendak makan.

Apakah ada bacaan khusus ketika hendak masuk rumah?

Terdapat sebuah hadis yang menyebutkan bacaan khusus ketika masuk rumah. Hadis dari Abu Malik al-Asy’ari radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apabila seseorang memasuki rumahnya, maka hendaknya dia mengucapkan, ‘Allahuma inni as-aluka khoirul mawlaji wa khoirul makhroji, bismlillahi walajnaa wa bismillahi khorojnaa wa alallahi robbinaa tawakkalnaa’ (Ya Allah, aku memohon pada-Mu kebaikan ketika masuk dan keluar dari rumah. Dengan nama Allah, kami masuk dan dengan dengan nama Allah kami keluar dan hanya kepada Allah Rabb kami, kami bertawakkal). Lalu hendaklah menyampaikan salam pada keluarganya.” (HR. Abu Daud 5095. Al-Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini dho’if. Hadis ini juga dinilai dho’ifkan oleh al-Albani).

Mengingat hadis ini statusnya dhaif, maka kita tidak merekomendasikan untuk merutinkannya. Hanya saja dianjurkan bagi kita untuk berdzikir, menyebut nama Allah ketika masuk rumah dengan kalimat umum, misalnya dengan mengucap Bismillah selanjutnya ucapkan salam untuk yang berada di dalam rumah.

Dalam hadis dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan keutamaan dalam doa ini, “Apabila seseorang keluar dari rumahnya kemudian dia membaca doa diatas, maka disampaikan kepadanya ‘Kamu diberi petunjuk, kamu di cukupi kebutuhannya dan kamu dilindungi.’”

Seketika itu setan – setan pun menjauh darinya. Lalu salah satu setan berkata kepada temannya, ‘Bagaimana mungkin kalian bisa mengganggu orang yang telah diberi petunjuk, dicukupi dan dilindungi.’ (HR. Abu Daud 5095, Turmudzi 3426 dan dishahihkan al-Albani).
Sumber : Dakwah Islam.

Komentar

Postingan Populer