Tugas Pertama "Bahasa Indonesia 2" (Berita 1)

Judul : Langgar Etika, 9 Jaksa Di Hukum




Kalimat deduktif :
Sembilan jaksa di Jawa Barat diganjar hukuman berat lantaran melanggar aturan dan tidak menaati kode etik. Mereka diduga telah berinteraksi dengan pihak yang tengah berpekara.

Paragraf diatas mengandung kalimat deduktif, yaitu suatu paragraf yang kalimat utamanya terletak diawal paragraf. Paragraf ini diawali dengan pernyataan yang bersifat umum dan kemudian dilengkapi oleh penjelasan – penjelasan khusus yang berupa rincian khusus, bukti dan lain – lain. Kalimat utamanya berada pada awal kalimat, Sembilan jaksa di Jawa Barat diganjar hukuman berat lantaran melanggar aturan dan tidak menaati kode etik. Kemudian kalimat khususnya dijelaskan pada kalimat, Mereka diduga telah berinteraksi dengan pihak yang tengah berpekara.

Analisis cara menguji data :
1.     Observasi (data angka) : Selama 2015, ada 125 perkara yang disidik dan 104 perkara yang diselidiki dan sudah mengeksekusi 154 perkara
2.     Kesaksian                   : “Setiap perkara keadilan berhak menanyakan perkembangan perkara. Namun, kalau jaksa mengadakan pertemuannya di kafe, itu berarti menyimpang. Hukumannya harus tingkat berat.” Tutur mantan Direktur Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi ini.
3.     Autoritas                    : Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat mengatakan bahwa kasusnya beragam dan menangani kasus – kasus tindak pidana umum.

Hubungan Kausal       : Sebab – Akibat
Para jaksa yang dihukum mendapatkan hukuman sesuai dengan PP No 53/2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil. Hukuman disiplin kategori sedang dan berat diantaranya penuruan pangkat hingga pelepasan dari jabatan struktural. Para jaksa tersebut berdinas di beberapa kantor kejaksaan negeri.




Daftar Pustaka          :

Koran Media Indonesia. Rabu, 30 Desember 2015. (26).

Komentar

Postingan Populer