Tugas Pertama "Bahasa Indonesia 2" (Berita 2)

JUDUL : Ikut KUR, Kapasitas BPD Perlu Dipoles



Kalimat Deduktif :
Rencana mengikutsertakan bank pembangunan daerah (BPD) dalam penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) perlu disertai pengawasan intens dan regulator. Kecakapan BPD dalam menyalurkan kredit UMKM khususnya mikro perlu ditingkatkan. Dari 26 BPD terkendala dalam menyalurkan kredit mikronya. Jadi, kemampuan BPD dalam menyalurkan KUR masih terbatas.

Paragraf diatas mengandung unsur kalimat paragraf deduktif, yaitu suatu paragraf yang kalimat utamanya terletak diawal paragraf. Paragraf ini diawali dengan pernyataan yang bersifat umum dan kemudian dilengkapi oleh penjelasan – penjelasan khusus yang berupa rincian khusus, bukti dan lain – lain. Kalimat utamanya terletak pada, Rencana mengikutsertakan bank pembangunan daerah (BPD) dalam penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) perlu disertai pengawasan intens dan regulator. Sedangkan kalimat yang bersifat umum dijelaskan pada kalimat, Kecakapan BPD dalam menyalurkan kredit UMKM khususnya mikro perlu ditingkatkan. Dari 26 BPD terkendala dalam menyalurkan kredit mikronya. Jadi, kemampuan BPD dalam menyalurkan KUR masih terbatas.


Analisis cara menguji data :
1.     Observasi                   : Mulai tahun depan, pemerintah menyalurkan KUR dengan suku bunga disubsidi. Nasabah hanya perlu membayar suku bunga 9% dari saat ini 12%.
2.     Kesaksian                   : Menurut Yeni: “Dari 26 BPD yang kami teliti, mereka terkendala dalam menyalurkan kredit mikronya. Banyak yang macet, jadi kemampuan BPD dalam menyalurkan KUR terbatas.
3.     Autoritas                    : Disamping BPD, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengatakan bank perkreditan rakyat (BPR) pun bisa diberi kesempatan untuk ikut program KUR.


Hubungan Kausal       : Akibat – Sebab
Kecapakan BPD dalam menyalurkan kredit UMKM, khususnya mikro perlu ditingkatkan. Pasalnya saat ini penyalur kredit segmen tersebut oleh BPD masih rawan macet.






Daftar Pustaka          :

Koran, Media Indonesia. Rabu, 30 Desember 2015. (18).

Komentar

Postingan Populer