Tugas Bahasa Indonesia (Sintesis)
Sintesis
Manajemen Komunikasi Pemasaran
Adapun
beberapa pengertian pemasaran seperti berikut ini :
1.William J. Stanton
adalah Pemasaran merupakan sistem keseluruhan dari berbagai kegiatan
bisnis atau usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga
barang atau jasa, mempromosikannya, dan mendistribusikannya kepada
konsumen dan bisa memuaskan konsumen.
2.Kotler & Amstrong
adalah Pemasaran merupakan sebuah proses managerial yang orang-orang
didalamnya mendapatkan apa yang mereka inginkan & butuhkan melalui
penciptaan & pertukaran produk-produk yang ditawarkan & nilai
produknya kepada orang lain.
3.Philp
Kotler adalah Suatu
kegiatan manusia yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat
melalui proses pertukaran.
4.Philip & Duncan
adalah Pemasaran merupakan sesuatu yang terdiri dari segala
langkah yang digunakan untuk menempatkan barang yang dijualbelikan ke tangan
pembeli atau konsumen.
5.Wikipedia adalah Dalam wikipedia menyatakan bahwa pemasaran adalah suatu proses penyusunan komunikasi yang terpadu & tujuannya untuk memberikan informasi tentang barang atau jasa yang diperjualbelikan yang kaitannya untuk memuaskan keinginan & kebutuhan masyarakat.
6.Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Th.2008 adalah Pemasaran ialah proses; cara; perbuatan dalam memasarkan barang dagangan; perihal menyebarluaskan di tengah-tenganh masyarakat pada umumnya.
7.Menurut Schultz komunikasi pemasaran yaitu proses dari manajemen seluruh sumber informasi tentang sebuah produk atau jasa yang ditunjukan kepada pelanggan atau prospek yang diekspos dengan tujuan untuk membawa pelanggang pada penjualan dan memelihara loyalitas pelanggan.
5.Wikipedia adalah Dalam wikipedia menyatakan bahwa pemasaran adalah suatu proses penyusunan komunikasi yang terpadu & tujuannya untuk memberikan informasi tentang barang atau jasa yang diperjualbelikan yang kaitannya untuk memuaskan keinginan & kebutuhan masyarakat.
6.Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Th.2008 adalah Pemasaran ialah proses; cara; perbuatan dalam memasarkan barang dagangan; perihal menyebarluaskan di tengah-tenganh masyarakat pada umumnya.
7.Menurut Schultz komunikasi pemasaran yaitu proses dari manajemen seluruh sumber informasi tentang sebuah produk atau jasa yang ditunjukan kepada pelanggan atau prospek yang diekspos dengan tujuan untuk membawa pelanggang pada penjualan dan memelihara loyalitas pelanggan.
8.Menurut Kotler adalah sarana yang digunakan perusahaan dalam upaya untuk menginformasikan, membujuk, dan meningatkan konsumen langsung atau tidak langsung tentang produk dan merk yang mereka jual
9.Terence A. Shimp (2003: 4) mengemukakan bahwa komunikasi pemasaran atau marketing communication adalah aspek penting dalam keseluruhan misi pemasaran serta penentu suksesnya pemasaran.
10.Sutisna dalam Amir Purba, dkk (2006: 126 - 127) mengemukakan bahwa komunikasi pemasaran merupakan usaha untuk meyampaikan pesan kepada publik terutama konsumen saran mengenai perbedaaan produk di pasar. Kegiatan komunikasi pemasaran merupakan rangkaian kegiatan untuk mewujudkan suatu produk, jasa, ide, dengan menggunakan bauran pemasaran (marketing mix) yaitu iklan (advertising), penjualan tatap muka (personal selling), promosi penjualan (sales promotion), hubungan masyarakat dan publisitas (public relation and publicity) serta pemasaran langsung (direct marketing).
11.William G. Nickles dalam buku Amir Purba,dkk (2006: 126) mendefiniskan komunikasi pemasaran sebagai proses pertukaran informasi yang dilakukan secara persuasif sehingga proses pemasaran dapat berjalan efektif dan efisien.
Dari pengertian diatas dapat
ditarik kesimpulan bahwa komunikasi pemasaran adalah suatu bentuk pendekatan
pemasaran baru yang dilakukan oleh pihak perusahaan kepada pelanggan dalam
upaya membujuk dan mengingatkan konsumen mengenai produk dan merek yang
merka jual guna mengembangkan hubungan perusahaan dengan konsumen sehingga
dapat memelihara loyalitas konsumen. Komunikasi pemasaran adalah sarana yang
digunakan perusahaan dalam upaya untuk menginformasikan, membujuk, mengingatkan
konsumen ––langsung atau tidak langsung–– tentang produk dan merek yang mereka
jual. Dapat dikemukakan bahwa pemasaran memfasilitasi proses pertukaran dan
pengembangan hubungan dengan konsumen dengan cara mengamati secara cermat
kebutuhan dan keinginan konsumen yang dilanjutkan dengan mengembangkan suatu
produk (product) yang memuaskan kebutuhan konsumen dan menawarkan produk
tersebut pada harga (price) tertentu serta mendistribusikannya agar tersedia di
tempat-tempat (place) yang menjadi pasar produk yang bersangkutan. Untuk itu
perlu dilaksanakan promosi (promotion) atau komunikasi guna menciptakan
kesadaran dan ketertarikan konsumen kepada produk bersangkutan. Proses ini
disebut bauran pemasaran (marketing mix) atau disingkat 4 P (Morissan, 2010:
5).
Sejumlah ahli menempatkan komunikasi pemasaran dibawah periklanan dan promosi, namun saat ini, komunikasi pemasaran muncul sebagai suatu bentuk komunikasi yang lebih kompleks dan berbeda. Sehingga, banyak akademisi dan juga praktisi mendefinisikan pemasaran yaitu semua elemen promosi dari marketing mix yang melibatkan komunikasi antar organisasi dan target khalayak pada segala bentuknya yang ditujukan untuk meningkatkan performa pemasaran (Prisgunanto, 2006).
Sejumlah ahli menempatkan komunikasi pemasaran dibawah periklanan dan promosi, namun saat ini, komunikasi pemasaran muncul sebagai suatu bentuk komunikasi yang lebih kompleks dan berbeda. Sehingga, banyak akademisi dan juga praktisi mendefinisikan pemasaran yaitu semua elemen promosi dari marketing mix yang melibatkan komunikasi antar organisasi dan target khalayak pada segala bentuknya yang ditujukan untuk meningkatkan performa pemasaran (Prisgunanto, 2006).
DAFTAR PUSTAKA
Cohen, William A (1995). The Marketing Plan, John Wiley
& Sons.
Davis, John. (2006). Magic Numbers for Consumer
Marketing. Jakarta: ElexMedia Komputindo.
Duncan, Tom (2005). Advertising & IMC, 2nd Ed.,
McGraw-Hill.
Fill, Chris & Prentice Hall (1995). Marketing
Communication, frameworks, theories and application.UK.
Kasali, Rhenald (2000). Membidik Pasar Indonesia:
Segmentasi, Targeting, Positioning. Gramedia Pustaka Utama.
Kotler, Philip & Kevin Lane Keller (2009). Manajemen
Pemasaran. Jakarta : Erlangga.
Komentar
Posting Komentar